MadyaPadma, keluargaku disekolah - Setahun Bersama Madyapadma

Setahun bersama MadyaPadma?, oke kembali di blog ane yang kosong ga ada isinya ini pfftt, sekarang ane bakal isiin tentang pengalaman ane setahun mengikuti ekstra MadyaPadma. Siapa sih yang ga kenal MadyaPadma? lo ga kenal? ga update lo bro, jadi MadyaPadma itu extra di Trisma yang keren banget, seriusan sob. Udah ye cukup basa-basinya jadi bingung mau cerita darimana -_- okelah dari awal aja ya.

Pada siang hari yang terik ane telah menyelesaikan proses pendaftaran ulang di Trisma tiba saatnya ane untuk pulang, tapi niat itu dihalangi oleh bapak ane yang ingin bertemu teman yang juga guru di Trisma, jadi guru tersebut menjelaskan bagaimana Trisma dan apa saja yang ada di dalamnya, dan ane nyeletuk "Pak, ada ekstra apa aja di Trisma?" maklum sob anak IT susah banget nyari ekstra, iapun menjelaskan ekstra-ekstra yang ada Trisma sampai ia menyebut kata MadyaPadma, kembalilah ane bertanya apa yang dinamakan MadyaPadma tersebut, guru tersebut menjawab dengan singkat "ekstra jurnalistik". Dan akhirnya saya pun pulang dengan rasa penasaran, tapi berkat bapak ane yang juga merekomendasikan ektra tersebut dan katanya kenal dengan pembinanya, ane memutuskan untuk ikut MadyaPadma (belum juga masuk udah mikirin ekstra hehe)

Setelah masuk di Trisma mungkin tepatnya sebulan setelahnya semua siswa kelas x disuruh untuk masuk ke workshop, ane kira bakal mos lagi ternyata tidak, saat itu merupakan saat dimana seluruh ekstra berorasi untuk mencari anggota baru, dan tidak memikirkan apa lagi ane memilih ekstra MadyaPadma lebih singkatnya MP (capek ngetik sob hehe).

Tibalah Ektra pertama dimulai, saat itu seluruh anggota baru disuruh memperkenalkan diri dan alasan mengikuti ekstra MP, nah disaat ini lah kebingungan ane mulai karena ane engga tahu alasan ane milih ekstra ini, yaa tapi karena ane hobi fotografi yasudah ane bilang pengen memperdalam fotografi (biar ada aja sob hehe).

Ekstra selanjutnya berjalan seperti biasa, ada pengarahan, tugas-tugas, nonton film juga (sering). sampai liburan semester pertama, MP mengadakan PJTD atau Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar disini anggota baru mendapatkan pelatihan jurnalistik yang lebih mendalam seperti membuat artikel, berita, essai, fotografi, dan kording. Kording merupakan hal yang paling susah karena ane harus bekerja dalam tim yang sudah ditentukan sebelumnya kebayangkan bekerja dengan orang-orang yang tentu pola pikirannya tidak sama dengan kita dan yang lebih mengerikan hal ini kami lakukan setiap bulan. Saat membuat kording pertama (bukan pelatihan) banyak masalah terjadi  mulai dari ga tau mau buat apa, menunda-nunda pekerjaan, dan yang cukup krusial yaitu, saat itu ane sedang me-layout kording kami tapi banyak rubrik yang belum jadi karena yaitu tadi menunda pekerjaan dan saat itu ane ada persembahyangan di kampung jadilah ane bilang ke temen ane kalau ane udah mau pulang, dengan sekejap semua temen ane marah-marah ga jelas sambil cepat-cepat menyelesaikan tugasnya tentunya ane pengen marah balik "kenapa engga dari tadi nyelesainnya!? kenapa baru pas aku mau pulang!? kenapa tadi diem?" tetapi ane tahan dan langsung pulang. Tetapi akhirnya kording tersebut selesai juga. 

Selanjutnya ada OPSSH, yaitu lomba penelitian antar SMP se-Bali. Dan tentunya ane bertugas sesuai hobi ane yaitu "Fotografer Keliling". Disitu ane menemukan peserta yang bener-bener ngajak ribut, ia mengikuti lomba dalam bidang Inventor dengan alat yang bernama "Free Energy From Magic" (kalo ga salah), dengan sedikit kemampuan elektronika yang ane punya, ane pun tidak segan bertanya, ia juga tidak segan menjawab justru ia dengan serunya (seru sendiri) menjawab pertanyaan ane, ane pun menyudahi hal tersebut karena ane merasa ia seperti sales karena jika tidak, mungkin acara tersebut berubah menjadi acara tinju. 
Presslist 6

Acara yang diselenggarain MP ga cuma satu sob, ada lagi nih yaitu Presslist yang acara ga cuman se-Bali tapi se-Indonesia sob, bayangin deh anak SMA udah bisa buat acara nasional. Kali itu merupakan Presslist yang ke 6. Dan seperti biasa ane menduduki jabatan sebagai "Fotografer Keliling" dan juga merangkap sebagai editor video Behind The Scene. Nah disini juga ada hal yang menarik nih, ane bersama temen ane yang juga fotografer dijuluki sebagai Paparazzi oleh seorang peserta, ga percaya? tanya Raka. Pekerjaan saya yang baru juga menemukan hal yang unik yaitu ketika project yang sudah 50% selesai, project tersebut tidak bisa dibuka, bayangin deh sob ketika project lo udah 50% kelar namun harus ngulang dari awal, mungkin ada yang bertanya apanya yang unik? anggep aja unik sob biar cepet.

Dari keunikan dan masalah tadi ada yang lebih menyeramkan menurut ane yaitu PKSTD atau Pelatihan Kepemimpinan Siswa Tingkat Dasar, disini ane diajarin gimana caranya jadi pemimpin, mengambil keputusan, teknik debat, dan teknik bicara di depan publik, nah ini nih yang ane takutin, jujur saja ane paling ga bisa hal ini, dan benar saat praktik ane lebih banyak diam daripada bicara.

Oh iya, ada satu hal menarik lagi nih yang ane dapetin di MP, ane ikut dalam crew film, jujur sob ane seneng banget, tapi kesenangan itu seakan-akan terkikis oleh beberapa hal yaitu pulang malem, tempat syuting yang jauh, bayangin sob ane pernah bolak-balik dari Mambal (pabrik Aq**) ke sekolah gara-gara ceroboh.

Mungkin itu aja sih pengalaman ane selama setahun mengikuti ekstra MadyaPadma, banyak hal baru yang ane dapetin, hal menarik juga ada mulai dari dipanggil paparazzi, jadi fotografer keliling dan banyak lainnya. bye sob. MP Trismaa!!
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar